Ilmu Alamiah Dasar 3



Ilmu Alamiah Dasar
Source: Drs. Herabudin, M.pd., M.Si

MANFAAT SUMBER DAYA ALAM BADI MANUSIA

A.    Pengertian dan Keragaman Sumber Daya Alam
Sumber daya alam adalah sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan kebutuhan hidup manusia agar hidup lebih sejahtera. Sumber daya alam bisa terdapat dimana saja, seperti didalam tanah, air, permukaan tanah, udara dan sebagainya. Contoh dasar sumber daya alam seperti barang tamabang, sinar matahari, tumbuhan, hewan dan banyak lagi lainnya.
            Sumber daya alam dapat dibedakan berdasarkan sifat, potensi, dan jenisnya, yaitu sebagai berikut:
1.      Menurut Sifatnya
Menurut sifatnya sumber daya alam dibagi tiga yaitu:
a.       Sumber daya alam yang dapat diperbaharui (renewable) misalnya: hewan, tumbuhan, mikroba, air dan tanah. Dapat diperbaharui artinya dapat berproduksi dan memiliki daya generasi (pulih kembali)
b.      Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui (nonrenewable), misalnya minyak tanah, gas bumi, batu bara, dan barang tambang lainnya
c.       Sumber daya alam yang tidak habis, misalnya: udara, matahari, energy pasang surut, dan energy laut

2.      Menurut Potensinya
Menurut potensi pengunaannya, sumber daya alam dibgai beberapa maca, yaitu:
a.       Sumber daya alam materi, yaitu sumber daya alam yang dimanfaatkan dalam bentuk fisinya. Misalnya: batu, besi, emas, kayu, serat, kapas, rosella, dan sebagainya.
b.      Sumber daya alam energi, yaitu sumber daya alam yang yang dimanfaatkan energinya. Misalnya: batu bara, minyak bumi, gas bumi, air terjun, sinar matahari, energy pasang surut laut, kincir angin dan lainnya
c.       Sumber daya alam ruang, yaitu sumber daya alam yang berupa ruang atau tempat hidup, misalnya area tanah daratan dan angkasa.

3.      Menurut Jenisnya
Menurut jenisnya, sumber daya alam dibagi dua maacam yaitu:
a.       Sumber daya alam non hayati (abiotik): disebut juga sumber daya alam fisik, yaiitu sumber daya alam fisik, yaitu sumber daya alam yang berupa benda benda mati. Misalnya bahan tambang, tanah, air, dan kincir angin
b.      Sumber daya alam hayati (biotik): merupakan sumber daya alam yang berupa mahluk hidu. Misalnya hewan tumbuhan, mikroba, dan manusia

B.     Sumber Daya Alam Untuk Manusia
Sumber daya alam sangata besar manfaatnya untuk kehidupan manusia, diantaranya:
1.      Tumbuhan
Tumbuhan bermanfaat sebagai berikut:
-          Menghasilkan oksigen bagi mausia dan hewan
-          Mengurangi polusi karena dapat menyerap karbondioksida yang dipakkii tumbuhan untuk fotosintetis
-          Mencegah terjadinya erosi, tanah longsor dan banjir
-          Bahan industry misalnya kelapa sawit sebagai bahan industry minyak goreng
-          Bahan makanan, misalnya padi menjadi beras
-          Bahan minuman, misalnya the dan jahe

2.      Air
Air bermanfaat sebagai berikut:
-          Sarana wisata/ rekreasi
-          Srana irigasi/pengairan
-          PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)
-          Pemenuhan kehidupan premier manusia
-          Menjaga kelangsungan hidup manusia ebab akan mati jika tidak air
-          Kebutuhan rumah tangga
-          Kebutuhan industri dan ekonomi

3.      Udara
Udara adalah campuran berbagai gas yang tidak berwarna dan tidak berbau. Udara terbentuk dari gas helium, nitrogen, oksigen, dan karbondioksida. Udara bemanfaat untuk kehidupan manusia, misalnya untuk pembangkit listrik tenaga angin, mengarahkan kapal layar di laut, membersihkan ruang ventilasi di rumah, dan menyejukan tubuh. Udara yang begerak dan berpindah tempat disebut angin. Lapisan udara yang menyelimuti bumi disebut atmosfer. Lapisan ozon berfungsi untuk melindungi bumi dari sinar urtaviolet yang dipancarkan oleh matahari.

4.      Tanah
Tanah adalah lapisan kulit bumi bagaian atas yang terbentuk dari peapukan batuan dan bahan organik yang hancur oleh proses alamiah. Manfaat tanah adalah sebagai tempat penyimpanan air dan sangat dibutuhkan untuk lahan pertanian. Tanah banyak dimanfaatkan untuk menanam sumber daya alam pertanian. Pertanian meliputi tanaman untuk makanan pokok, seperti padi, jagung dan sagu. Palawija terdiri atas ubi ubian dan kacang kacangan dan holtikura yang meliputi berbagai jenis sayuran dan buah buahan

5.      Hewan
Hewan merupakan salah satu dari berbagai mahluk hidup yang terdapat dialam semesta. Hewan terbagai dua, yaitu hewan bertulang belakang dan tidak bertulang belakang. Hewan juga diklasifikasikan sebagai hewan pemakan daging, tumbuhan, dan serangga.
Hewan bermanfaat untuk kehidupan manusia, anatara lain dapat dijadikan hewan peliharaan yang dapat diperjualbelikan dan sebagai lauk pauk makan manusia. Adapun hewan liar yang hidup di hutan bermanfaat untuk kelestarian alam dan keseimbangan ekosistem.

6.      Hutan
Hutan merupakan sebuah areal luas yang ditumbuhi beragam pepohonan. Dilihat dari jenis pohonnya , hutan dapat dibagi dua menjadi dua, yaitu sebagai beriku:
a.       Hutan homoge, yaitu hutan yang ditumbuhi oleh satu jenis pohon(tanaman), misalnya hutan jati, hutan pinu, hutan cemara, hutan albasih dan hutan mahoni
b.      Hutan heterogen, yaitu hutan yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pohon atau tanaman


7.      Pertanian
Manfaat pertanian sangat banayak, diantaranya pertanian padi, palawija, dan jenis tanaman pangan lainnya yang merupakan makanan pokok bagi manusia, seperi jagung, gandum dan sagu



C.    Konservasi Sumber Daya Alam
Manfaat sumber daya alam sangat besar maka semua manusia harus menjaga dan memelihara kelestarian alam. Salah satunya dengan melakukan konservasi sumber daya alam. Konservasi dapat dilakukan dengan melaksanakan hal hal berikut:
1.      Memelihara proses ekologi yang penting dan sistem penyangga kehidupan
2.      Menjamian keragaman genetic
3.      Melestarikan pemanfaatan jenis dan ekosistem

1.      Konservasi Energi dan sumber Daya Mineral
Energi didefinisikan sebagai kemmapuan untuk melakukan kerja. Bberapa hal yang peru diperhatikan dalam penggunaan energy suapaya berkelanjutan, antara lain mengatur penggunaan energy yang berkualitas, meminimumkan penggunaan energy tranportai, dan mengubah energy secara efiien. Konservasi energy dapat dilakuakan pada bidang bidang transportasi, bangunan dan industry.
Jenis jeni sumber daya mineral dapat digolongkan menurut kegunaannya, yaitu menjadi sumber daya mineral logam dan nonlogam.  Sumber daya mineral dibagi menjadi :
1.      Logam yang berlimpah
2.      Logam yang jarang


2.      Konservasi Sumber Daya Buatan dan Cagar Budaya
Sumber daya buatan adalah hasil pengembangan buatan dari sumber daya alam hayati atau nonhayati untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan kemampuan daya dukungnya. Pengertian tersebut  menggambarkan bahwa sumber daya buatan adalah sumber daya alam yang karena intervensi manusia telah berubah menjadi sumber daya buatan. Bentuk sumber daya buatan, diantaranya kawasan budi daya, kawasan perdesaan, kawasan perkotaan, dan kawasan cagar alam. Fungsi kawasan tersebut adalah sebagai pelindung kelestarian lingkungan hidup, pembudidayaan, permukiman, pelayanan jasa pemerintahan, pelayanan sosial, dan pelaksanaan kegiatan ekonomi untuk kesejahteraan manusia dankesinambungan pembangunan.

Konservasi sumber daya alam buatan meliputi seluruh kegiatanpemeliharaan yang mencakup preservai, retorasi, rekonstruksi, adaptasi, dan revitilasi. Adapun kriteria  konservai sumber daya buatan dapat ditinjau dari estetika, kejamakan, kelangkaan, peranan sejarah, keadaan kawasan di sekitarnya dan keistimewaan dari sumber daya buatan tersebut


Soal:
1.      Menurut sifatnya sumber daya alam dapat dibagi berapa?
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
Jawaban: C   

2.      Tumbuhan, Air, Udara, dan Tanah.  Manakah yang menjadi manfaat sumber daya alama?
a.       Tumbuhan
b.      Air
c.       Udara
d.      Benar semua
Jawaban: D
3.      Dapat dibagi berapakah konservasi Sumber daya alam?
a.       1
b.      2
c.       3
d.      4
Jawaban: 2
-          Apa yang dimaksud dengan sumber daya buatan?
Jawaban: Sumber daya buatan adalah hasil pengembangan buatan dari sumber daya alam hayati atau nonhayati untuk meningkatkan kualitas, kuantitas, dan kemampuan daya dukungnya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ilmu Alamiah Dasar 1

Makalah Perkembangan IPTEK